Hujan Punya Cerita tentang Kita

        Berawal dari tujuan yang belum jelas setelah pulang ujian tengah semester, aku memutuskan untuk berkunjung ke satu-satunya toko buku yang ada di Padang, setelah aku mengutarakan niatku kepada salah seorang teman yang lagi bersamaku, panggil saja Dina. Akhinya aku dan dina memutuskan untuk pergi bersama dengan motor masing-masing ke gramedia. 

           Langit terlihat gelap, awan hitam mulai menutupi langit biru disiang hari itu, Aku dan Dina bergegas mengendarai motor turun dari kampus, secara kampus kami tidak terletak dikota, melainkan di sebuah perbukitan dengan iklim yang berbeda dengan iklim kota. Awalnya aku mengira cuaca dikota hari ini akan cerah, betul langit terlihat begitu biru dan bersinar hanya saja ketika kami sampai ditempat yang kami tuju, tiba-tiba saja rintik hujan turun membasahi tanah bumi. 


           Hujan selalu mengingatkanku akan berbagai kisah, baik kisah bahagia yang menyentuh hati, serta kisah sedih yang menusuk relung jiwa. Dalam hujan terdapat senandung lagu yang hanya bisa didengar oleh orang-orang yang menginginkannya, membawa rasa rindu akan sesuatu yang sangat berharga, tak terlihat oleh mata dan terletak disudut hati yang paling dalam. Dalam dunia nanya, hujan selalu membawa kegalauan dalam setia diri remaja, membawa hati dan pikiran terbang jauh akan angan-angan penuh kasih tentang bayangan seseorang yang mereka rindukan. Tak terkecuali orang dewasa dan anak-anak, banyak sekali kenang-kenangan yang muncul dalam setiap memori hati dan pikiran ,membawa kita menuju alam yang di idam-idamkan. 

           Berhubungan dengan hujan, hari itu aku menemukan buku yang berjudul Hujan Punya Cerita tentang Kita. Mungkin hari itu aku begitu terpengaruh dengan kehadiran hujan, aku begitu merindukan setiap memori saat hujan, bahkan ketika aku akan memilih buku untuk dibaca, aku memilih buku yang berhubungan dengan kehadiran hujan yang selalu ada disetiap memori cerita hidup ku, mungkin sebagain besar kenangan indahku adalah saat hujan tujun.


Jatuh cinta kepadamu begitu menyenangkan, seperti
meringkuk dalam selimut hangat pada malam yang hujan.
Seperti menemukan keping terakhir yang sedang kau susun.
Cinta ini sudah berada tepat di tempat yang seharusnya,
di ruang hatimu dan hatiku.
Namun, mengapa resah justru yang merajai kita?
Padahal, katanya cinta sanggup menjaga.
Aku ingin kau tahu, diam-diam, aku
selalu menitipkan harapan yang sama
ke dalam beribu-ribu rintik hujan:
Aku ingin hari deoanku selalu bersamamu
Aku mencintaimu. Selalu
Dan, mereka tak perlu tahu...




               Novel ini menceritakan tentang seorang pencinta hujan yang jatuh cinta kepada orang lain yang justru membenci segala hal tentang hujan. Seorang pria yang menyukai segala hal yang berbaru dan menantang dan wanita yang justru selalu takut akan hal baru. Novel karangan Yoana Dianika tersebut menceritakan tentang cinta sejati dan persahabatan. Tentang cinta sejati yang tak berakhir bahagia. Tentang pengorbanan cinta demi kebahagiaan orang lain.

          Cerita dalam novel ini cendrung sederhana, dengan tokoh utama Rangga dan Kie sebagai sepasang kekasih yang saling jatuh cinta pada masa kkn, dan didukung oleh Krisan sahabat masa kecil rangga, yang sangat mencintai rangga dan Azar sahabat kkn rangga yang mencintai Kie sejak pandangan pertama. Konflik dan plot cerita cenderung biasa saja, tapi suasana hujan yang membawa diriku ikut masuk dalam setiap alur cerita membuatku sendiri bisa merasakan kebahagian dan kesedihan dalam cerita novel ini. 

     

Share:

4 komentar

  1. serasa pengen sekali, mengalaminya

    BalasHapus
  2. hhhmmm
    gw juga baru aja selesai baca novel ini. Simple but amazing, I like rain.

    mampir ke blog ane juga yee, :D
    http://kribos.blogspot.com/

    BalasHapus