Sepatu Dahlan Iskan

       Berawal dari berita sejumblah stasiun televisi swasta dan koran yang ada di rumah, aku tertarik pada sebuah buku  yang berjudul Sepatu Dahlan karangan Khrisna Pabichara yang mengelurkan cetakan pertama pada bulan mei 2012. 

"Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya"

       Dahlan Iskan adalah Menteri Negara BUMN di jajaran Kabinet Bersatu Jilid 2. Menteri yang dikenal disiplin dalam tugasnya, temperamental namun murah senyum ini sering dianggap kontroversial baik dari kiprahnya maupun keputusan-keputusan yang diambilnya, namun Presiden SBY  memujinya sebagai menteri yang cekatan dan responsif.

       Disamping itu Dahlan iskan termaksud sosok menteri yang bersahaja, beliau tidak segan-segannya untuk menaiki KRL, menyatap soto tepi jalan, menginap di rumah warga yang hanya beralaskan tikar dan sebagainya. Dan semua itu beliau jalani semata-mata demi menjalankan tugasnya sebagai seorang menteri. 

           Maka dari itulah aku bertanya-tanya, apa yang membuat beliau bisa bersikap seperti itu ??.  Ternyata semuanya terungkap dalam sebuah buku yang berjudul Sapatu Dahlan, yang merupakan buku inspirasi Dahlan Iskan. Didalam buku ini menceritakan tentang bagaimana beliau menghadapi masa-masa remajanya diselimuti dengan kemiskinan dan sebuah perjuang cita-cita beliau untuk dapat membeli sepasang sepatu.

        Berkat buku ini juga aku mengerti kenapa seorang menteri seperti Dahlan Iskan sangat suka memakai sepatu kets. Beliau menggunakan sepatu kest bukan hanya dalam kehidupan sehati-hari, bahkan beliau juga menggunakannya pada saat pelantikannya sebagai menteri BUMN dan saat bertemu President di Istana Negara. 

        Novel ini sangat inspiratif karna cerita didalamnya mengandung banyak sekali ilmu yang dapat dipetik, pengalaman dahlan kecil yang begitu keras tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Semua pengalaman itu merupakan bukti bahwa bila kita mau berusaha keras dalam mendapatkan sesuatu, maka tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk kita lalui.  


Share:

0 komentar